Sunday 30 April 2017

Mengenal Sekilas Venerable Ding Hong


Mengenal Sekilas Venerable Ding Hong

Venerable Ding Hong, sebelum meninggalkan keduniawian, bernama Dr.Zhong Mao-sen, lahir pada tahun 1973 di Guangzhou, Tiongkok, pernah menjabat sebagai guru besar madya di Akademi Bisnis di Universitas Queensland, Australia, selain itu juga pernah menjabat sebagai dosen tidak tetap di Universitas Zhongshan di Guangzhou, Tiongkok. Kemudian juga pernah menjabat sebagai wakil dekan Pure Land Learning College Association, Australia, dan wakil direktur Institut Fang Dongmei.

Pada tahun 1995, dia menamatkan kuliah di Universitas Zhongshan, memperoleh gelar Sarjana Ekonomi; tahun 1997 memperoleh gelar MBA di Louisiana Tech University, Amerika; tahun 1999 memperoleh gelar Doktor. Setelah meraih gelar Doktor, Zhong Mao-sen memberi kuliah selama 4 tahun di Universitas Texas dan Universitas Kansas, Amerika Serikat. Tahun 2003, dia berimigrasi ke Australia, memberi kuliah di Akademi Bisnis di Universitas Queensland, Australia.

Doktor Zhong Mao-sen pernah mempublikasikan hasil karya tulisnya berupa 20 makalah akademis di jurnal keuangan dan bisnis terkemuka di dunia, menjadi pembicara di konferensi internasional sebanyak 40 kali, termasuk di dalamnya adalah American Finance Annual Meeting (AFA), Financial Management Annual Meeting (FMA).

Selama memberi kuliah di Amerika, dua karya tulisnya berhasil meraih penghargaan “American Professional Academic Conference Best Paper Award”.

Selama memberi kuliah di Australia, Zhong Mao-sen pernah meraih penghargaan “Queensland University Business School Excellence Research Award” dan “Queensland University Excellence Research Award”.

Pada bulan Juli 2005 berhasil meraih penghargaan “Asian Finance Conference Best Paper Award”.

Beliau lebih banyak memberi kuliah untuk program pascasarjana, membimbing para sarjana calon Doktor. Sepanjang karirnya memberi kuliah, memperoleh nilai bagus dari para mahasiswa.

Tahun 2003, Zhong Mao-sen berimigrasi ke Australia dan menjabat sebagai guru besar madya di Akademi Bisnis di Universitas Queensland, Australia. Pada tahun 2007 diangkat menjadi guru besar tetap, bahkan beberapa universitas terkemuka lainnya berduyun-duyun menawarkannya untuk menjadi ketua guru besar, tetapi beliau memang tidak memandang berat pada keuntungan dan ketenaran.  

Justru pada saat karirnya berada di puncak kejayaan, dia mengundurkan diri dan memilih karir menyebarluaskan Ajaran Buddha dan ajaran insan suci dan bijak. Dia berguru pada Master Chin Kung selama bertahun-tahun, pernah mengemban tugas sebagai penerjemah Master Chin Kung dalam kegiatan skala internasional, baik dalam upaya Master menciptakan perdamaian dunia maupun dalam dunia pendidikan budi pekerti.

Tanggal 15 Juli 2011 (menurut penanggalan lunar adalah bulan 6 hari ke-15), Dr.Zhong Mao-sen ditabhiskan oleh Master Chang-huai di Vihara Yuanming, Hong Kong, dengan nama Dharma “Ding Hong”.




定弘法師,原名鐘茂森,鐘茂森博士1973年生於中國廣州,現任澳大利亞昆士蘭大學商學院副教授,兼任中國廣州中山大學客座教授。澳大利亞淨宗學院副院長、方東美研究所副所長。他1995年在廣州中山大學畢業,獲經濟學學士;1997年獲美國路易斯安娜州理工大學工商管理碩士;1999年獲該校金融博士。先後在美國德州大學及肯薩斯州州立大學任教四年,2003年遷居澳大利亞,在昆士蘭大學商學院任教。

  鐘茂森博士曾在世界知名的金融商業學術刊物上發表過20篇論文著作,在國際學術會議(包括美國金融年會(AFA),金融管理年會(FMA))上發表了近40次論文演講。在美國任教期間,曾兩次獲美國專業學術會議最佳論文獎。在澳大利亞任教後,曾獲昆士蘭大學商學院優秀研究獎及昆士蘭大學優秀研究獎。20057月獲亞州金融會議最佳論文獎。在校主要擔任研究生的課程,是博士生導師。在教學方面,一向獲得學生好評。除教學外,目前承擔澳大利亞國家專案的研究工作;並擔任美國加州州立大學中國財務金融與企業研究中心的研究員,及擔任世界金融學術期刊的審稿工作。

2003年移居澳大利亞,在澳大利亞著名的昆士蘭大學商學院任教四年,擔任副教授、博士生導師,並獲得該校終身聘用。昆士蘭大學原定於2007年提拔他為教授,而且多家大學曾高薪聘請他擔任首席教授,但是,他淡泊名利,立志走向聖賢教學之路,所以均婉言謝絕。現兼任中國廣州中山大學客座教授,安徽大學客座教授,臺灣成功大學客座教授,美國加州州立大學研究員。

鐘茂森博士業餘跟隨推行佛陀教育與中華傳統聖賢教育的高僧淨空教授學習多年,擔任淨空長老在國際和平與教育活動中的英語翻譯。曾應邀參加聯合國教科文組織200412月在澳大利亞阿德萊德大學舉行的共同價值觀教育的國際會議,並在大會上介紹中華倫理道德。20058月在澳大利亞布裏斯本市格裏菲斯大學召開的聯合國教科文組織培養智慧、獲得和平的國際會議上發言,呼籲在商業金融界推行孔孟倫理道德。20064月應邀參加在中國舉行的首屆世界佛教論壇大會(杭州——普陀山)並在大會上發表《和諧世界必需因果教育》的講演。他曾應邀在世界各國介紹中華傳統文化和倫理道德及從科學證實佛法的報告,深受廣大群眾的歡迎。演講題目有《因果輪回的科學證明》、《幸福人生的根基》、《淺談青年應有的美德孝與戒淫》、《太空物理學新發現的啟示》等。

2011715日(農曆六月十五)鐘茂森博士在香港圓明寺暢懷老法師座下剃度,法名定弘